Assalamu'alaikum..
Pembaca Pelita Hidayah yang dirahmati Allah, tidak ada puasa seorang hamba yang sia-sia karena Allah subhanahuwata'ala telah menjanjikan ganjaran pahala yang begitu besar bagi orang yang berpuasa. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ
الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ
عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ
يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ
فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ
فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ
“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh
ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.” (HR. Muslim no. 1151)
Dalam riwayat lain dikatakan,
قَالَ اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامَ ، فَإِنَّهُ لِى
“Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Setiap amalan manusia adalah
untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku”. (HR. Bukhari no. 1904)
Dalam riwayat Ahmad disebutkan,
قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ كُلُّ الْعَمَلِ كَفَّارَةٌ إِلاَّ الصَّوْمَ وَالصَّوْمُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ
“Allah ‘azza wa jalla berfirman (yang artinya), “Setiap amalan adalah sebagai kafarah/tebusan kecuali amalan puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya”.
(HR. Ahmad 2: 467)
.
(HR. Ahmad 2: 467)
.
Pahala yang Tak Terhingga di Balik Puasa
Dari riwayat pertama, dikatakan bahwa setiap amalan akan dilipatgandakan sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kebaikan yang semisal. Lalu dikecualikan amalan puasa. Amalan puasa tidaklah dilipatgandakan seperti itu. Amalan puasa tidak dibatasi lipatan pahalanya. Oleh karena itu, amalan puasa akan dilipatgandakan oleh Allah hingga berlipat-lipat tanpa ada batasan bilangan.
Kenapa bisa demikian? Ibnu Rajab Al Hambali –semoga Allah merahmati beliau- mengatakan,”Karena puasa adalah bagian dari
kesabaran”. Mengenai ganjaran orang yang bersabar, Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّمَا يُوَفَّ الصَّابِرُونَ أَجْرَهُْ بِغَيِْ حِسَابٍ
“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar: 10)
Sabar itu ada tiga macam yaitu
- Sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah,
- Sabar dalam meninggalkan yang haram dan
- Sabar dalam menghadapi takdir yang terasa menyakitkan
Ketiga macam bentuk sabar ini, semuanya terdapat dalam amalan puasa. Dalam puasa tentu saja ada bentuk melakukan ketaatan dan menjauhi hal-hal yang diharamkan. Juga dalam puasa seseorang berusaha bersabar dari hal-hal yang menyakitkan seperti menahan diri dari rasa lapar, dahaga, dan lemahnya badan. Itulah mengapa amalan puasa bisa meraih pahala tak terhingga sebagaimana sabar.
Amalan Puasa Khusus untuk Allah
Dalam riwayat lain dikatakan bahwa Allah Ta’ala berfirman (yang artinya),
“Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah
untuk-Ku”.
Riwayat ini menunjukkan bahwa setiap amalan manusia adalah untuknya. Sedangkan amalan puasa, Allah khususkan untuk diri-Nya. Allah menyandarkan amalan tersebut untuk-Nya.
Kenapa Allah bisa menyandarkan amalan puasa untuk-Nya?
1. Karena di dalam puasa, seseorang meninggalkan berbagai kesenangan dan berbagai syahwat. Hal ini tidak didapati dalam amalan lainnya. Dalam ibadah ihram, memang ada perintah meninggalkan jima’(berhubungan badan dengan istri) dan meninggalkan berbagai
wewangian. Namun bentuk kesenangan lain dalam ibadah ihram tidak ditinggalkan. Begitu pula dengan ibadah shalat. Dalam shalat,
kita dituntut untuk meninggalkan makan dan minum. Namun itu terjadi dalam waktu yang singkat. Bahkan ketika hendak shalat, jika
makanan telah dihidangkan dan kita merasa butuh pada makanan tersebut, kita dianjurkan untuk menyantap makanan tersebut dan
boleh menunda shalat ketika dalam kondisi seperti itu.
Jadi dalam amalan puasa terdapat bentuk meninggalkan berbagai macam syahwat yang tidak kita jumpai pada amalan lainnya. Jika seseorang telah melakukan ini semua –seperti meninggalkan hubungan badan dengan istri dan meninggalkan makan-minum
ketika puasa-, dan dia meninggalkan itu semua karena Allah, padahal tidak ada yang memperhatikan apa yang dia lakukan tersebut selain Allah, maka ini menunjukkan benarnya iman orang yang melakukan semacam itu. Itulah yang dikatakan oleh Ibnu Rajab, “Inilah yang menunjukkan benarnya iman orang tersebut.”
2. Puasa adalah rahasia antara seorang hamba dengan Rabbnya yang tidak ada orang lain yang mengetahuinya. Amalan puasa berasal
dari niat batin yang hanya Allah saja yang mengetahuinya dan dalam amalan puasa ini terdapat bentuk meninggalkan berbagai syahwat. Oleh karena itu, Imam Ahmad dan selainnya mengatakan, “Dalam puasa sulit sekali terdapat riya’ (ingin dilihat atau dipuji orang lain).”
Sebab Pahala Puasa, Seseorang Memasuki Surga
Lalu dalam riwayat lainnya dikatakan, “Allah ‘azza wa jalla berfirman (yang
artinya),
“Setiap amalan adalah sebagai kafarah/tebusan kecuali amalan puasa.
Amalan puasa adalah untuk-Ku.”
Sufyan bin ‘Uyainah mengatakan, “Pada hari kiamat nanti, Allah Ta’ala akan menghisab hamba-Nya. Setiap amalan akan menembus berbagai macam kezaliman yang pernah dilakukan, hingga tidak tersisa satu pun kecuali amalan puasa. Amalan puasa ini akan disimpan oleh Allah dan akhirnya Allah memasukkan orang tersebut ke surga.”
Ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa pada hari kiamat nanti antara amalan kejelekan dan kebaikan akan ditimbang. Satu yang lainnya akan saling memangkas. Lalu tersisalah satu kebaikan dari amalanamalan kebaikan tadi yang menyebabkan pelakunya masuk surga. Itulah amalan puasa yang akan tersimpan di sisi Allah. Amalan kebaikan lain akan memangkas kejelekan yang dilakukan oleh seorang hamba. Ketika tidak tersisa satu kebaikan kecuali puasa, Allah akan menyimpan amalan puasa tersebut dan akan memasukkan hamba yang memiliki simpanan amalan puasa tadi ke dalam surga.
Dalam hadits di atas disebutkan, “Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan
dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika
berjumpa dengan Rabbnya.”
Kebahagiaan pertama adalah ketika seseorang berbuka puasa. Ketika
berbuka, jiwa begitu ingin mendapat hiburan dari hal-hal yang dia rasakan
tidak menyenangkan ketika berpuasa, yaitu jiwa sangat bahagia saat
berjumpa makanan, minuman dan dihalalkannya kembali menggauli istri.
Jika seseorang dilarang dari berbagai macam syahwat ketika berpuasa,
dia akan merasa senang jika hal tersebut dihalalkan kembali.
Kebahagiaan kedua adalah ketika seorang hamba berjumpa dengan
Rabbnya yaitu dia akan jumpai pahala amalan puasa yang dia lakukan
tersimpan di sisi Allah. Itulah ganjaran besar yang sangat dia butuhkan.
Allah Ta’ala berfirman,
وَمَا تُقَدِّمُوا لَِنْفُسِكُمْ مِنْ خَيٍْ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَِّ هُوَ خَيًْا وَأَعْظَمَ أَجْرًا
“
Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu
memperoleh (balasan) nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik
dan yang paling besar pahalanya.”
(QS. Al Muzammil: 20)
Ganjaran bagi orang yang berpuasa yang disebutkan pula dalam hadits di atas , “Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.”
Seperti kita tahu bersama bahwa bau mulut orang yang berpuasa
apalagi di siang hari sungguh tidak mengenakkan. Namun bau mulut
seperti itu adalah bau yang menyenangkan di sisi Allah karena bau ini
dihasilkan dari amalan ketaatan dan karena mengharap ridha Allah.
Sebagaimana pula darah orang yang mati syahid pada hari kiamat nanti
akan tetap berwarna seperti warna darah, namun baunya begitu wangi
seperti bau minyak misk.
Harumnya bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah ini ada dua
sebab:
1. Puasa adalah rahasia antara seorang hamba dengan Allah di dunia.
Ketika di akhirat, Allah pun menampakkan amalan puasa ini sehingga
makhluk pun tahu bahwa dia adalah orang yang gemar berpuasa. Allah
memberitahukan amalan puasa yang dia lakukan di hadapan manusia
lainnya karena dulu di dunia, dia berusaha keras menyembunyikan
amalan tersebut dari orang lain. Inilah bau mulut yang harum yang
dinampakkan oleh Allah di hari kiamat nanti karena amalan rahasia
yang dia lakukan.
2. Barangsiapa yang beribadah dan mentaati Allah, selalu mengharap
ridha Allah di dunia melalui amalan yang dia lakukan, lalu muncul
dari amalannya tersebut bekas yang tidak terasa enak, maka bekas
seperti ini tidaklah dibenci di sisi Allah. Bahkan bekas tersebut adalah
sesuatu yang Allah cintai dan baik di sisi-Nya. Hal ini dikarenakan
bekas yang tidak terasa enak tersebut muncul dari melakukan
ketaatan dan mengharap ridha Allah. Oleh karena itu, Allah pun
membalasnya dengan memberikan bau harum pada mulutnya yang
menyenangkan seluruh makhluk. Walaupun bau tersebut tidak terasa
enak di sisi makluk ketika di dunia.
Inilah beberapa keutamaan amalan puasa.
Inilah yang akan diraih
bagi seorang hamba yang melaksanakan amalan puasa yang wajib di bulan
Ramadhan, begitu pula bisa diraih oleh yang gemar melakukan amalan
puasa sunnah dengan dilandasi keikhlasan dan selalu mengharap ridha
Allah.
Demikian kajian Pelita Hidayah kali ini mengenai ganjaran bagi orang yang berpuasa. Semoga bermanfaat bagi kami dan para pembaca.
Penulis: Admin Pelita Hidayah
Sumber: Buku Panduan Ramadhan Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah
Karya Muhammad Abduh Tuasikal
Demikian kajian Pelita Hidayah kali ini mengenai ganjaran bagi orang yang berpuasa. Semoga bermanfaat bagi kami dan para pembaca.
Penulis: Admin Pelita Hidayah
Sumber: Buku Panduan Ramadhan Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah
Karya Muhammad Abduh Tuasikal
0 Response to "Ganjaran Bagi Yang Berpuasa"
Post a Comment
Jadilah yang pertama dalam berkomentar