DOA KETIKA HUJAN

Sahabat Pelita Hidayah yang berbahagia,  salah satu rahmat terbesar dari Allah subhahuwata'ala kepada kepada kita dan juga kepada seluruh makhluk hidup ciptaan Allah adalah turunnya hujan. Hujan adalah berkah yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk di muka bumi ini. Dengan turunnya hujan akan menyuburkan tanah hingga menghidupkan tumbuhan dan tentu saja airnya sangat bermanfaat untuk kebutuhan kita sehari-hari sebagamana Firman Allah berikut ini;

وأنزل من السماء ماءً فأخرج به من الثمرات رزقاً لكم
“Dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menumbuhkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untuk kalian.” (QS. Al-Baqarah: 22)

وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِن بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنشُرُ رَحْمَتَهُ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ
“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.” (QS: Asy-Syuura [41] : 28).
Sedemikian pentingnya hujan bagi kehidupan maka sudah sepantasnya kita bersyukur kepada Allah jika mendapati  hujan turun. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita doa ketika turun hujan sebagaimana kajian kita pada kesempatan ini. 


Lafadz Doa apabila turun hujan dan Doa setelah Hujan Turun dalam bahasa Arab, Latin dan terjemah dalam bahasa Indonesia.

DOA APABILA HUJAN TURUN

اَللَّهُمَّصَيِّبًانَافِعًا

ALLAHUMMA SHOYYIBAN NAAFI'AN
“Ya Allah! Turunkanlah hujan yang bermanfaat (untuk manusia, tanaman dan binatang).”
HR. Al-Bukhari


BACAAN SETELAH HUJAN TURUN

مُطِرْنَابِفَضْلِا للهِوَرَحْمَتِهِ

MUTHIRNA BIFADHLILLAHI WA ROHMATIH
“Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah.”
HR. Al-Bukhari dan Muslim

Demikian kajian Lafadz Doa apabila turun hujan dan Doa setelah Hujan Turun dalam bahasa Arab, Latin dan terjemah dalam bahasa Indonesia.Semoga bermanfaat mohon maaf jika ada kekeliruan. Wallahu A'lam Bishawab...

Baca juga; Doa Agar Hujan Berhenti

Ali Hizbullah
Penulis Pelita Hidayah

0 Response to "DOA KETIKA HUJAN"

Post a Comment

Jadilah yang pertama dalam berkomentar

loading...